BERBAGI DENGAN MEDIA

 

Awal Januari tahun lalu, berawal dari ke-iseng-an belaka, saya membuat anonim account di twitter, tujuannya yang pasti bukan untuk nge-stalk gebetan di kampus atau mantan pacar. Tapi alhamdulillah dengan niat baik. Mau menyebarkan informasi🙂

 

Berawal dari keseringan dapat informasi seminar, workshop, event kampus dari broadcast message yang nggak hanya datang dari kampus saya, tapi kampus rekan-rekan saya baik di Jabodetabek bahkan diluar pulau Jawa. Saya rasa, promosi via broadcast message memang sah saja, tapi jelas bisa jadi menimbulkan ketidaknyamanan bagi yang menerima, bisa jadi senang atau malah terganggu.

 

Sayapun berpikir untuk menyebaluaskannya lagi ke khalayak, tapi apa daya followers saya di twitter waktu itu bahkan belum mencapai angka 700. Akhirnya, didasari dengan niat lurus, saya membuat sendiri, men-tweet sendiri hingga terkadang me-re-tweet sendiri sebuah account twitter, bernama @tweetkuliah

 

Diawal saya cukup kewalahan karena harus punya kewajiban tambahan untuk men-tweet, menarik followers, publikasioffline (*dari mulut ke mulut) dan online. Yang saya lakukan bukanlah untuk semata-mata menarik followers, tapi dengan asumsi semakin banyak followers maka akan semakin besar juga impact yang didapat oleh teman-teman lainnya yang mem-follow @tweetkuliah ini.

 

Saya bersyukur tinggal di Indonesia, dimana pemuda-pemudinya bangga sebagai generasi netizen, paham dan mau mengakrabkan diri dengan teknologi. Terbukti dari sekitar satu tahun setengah saya membuat @tweetkuliah ini dimulai dari 1 follower (ya, saya sendiri) detik ini sudah tercatat ada sekitar 3000-an followers dan mudah-mudahan akan terus bertambah setiap hari, menit atau bahkan detiknya.

 

Lebih dari sekedar followers yang kian bertambah, saya lagi-lagi bersyukur karena di awal saya sendiri yang mencari-cari informasi untuk di post, lambat laun, banyak rekan-rekan yang nitip event nya untuk di post di @tweetkuliah, semakin berkembang bahkan @tweetkuliah juga menerima ajakan media partner secara cuma-cuma jika teman-teman mau bekerjasama secara legal. Keunikan @tweetkuliah adalah karena saya tidak membatasi informasi yang datang, selama informasi tersebut bisa diikuti oleh kaum muda, baik informasi yang datang dari Jabodetabek, luar Jabodetabek, skala nasional bahkan internasional-pun akan saya tweet.

 

Jika bagi kamu berbagi masih menjadi hal yang sulit, jangan berpatokan bahwa berbagi haruslah bicara mengenai materi semata. Berbagi lah apapun yang bermanfaat untuk orang lain yang bisa kamu berikan. Berbagi bagi saya adalah semudah menulis dalam 140 karakter dan menekan “tweet“. Ya, Berbagi dengan Media. Kalau kamu? ;’)

Leave a Reply

