Oksigen Shanghai Buah Karya Belanda

Belanda boleh berbangga, ketujuh pemuda-pemudinya dari Utrecht University of Applied Sciences berhasil menyumbangkan oksigen ke kota Shanghai. Project yang didalangi oleh Brendan Bakker dan Michiel Kulik yang diberi nama Happy Healthy School ini berhasil meraih penghargaan dari Dutch Sustainable Pioneers days di Shanghai World Expo 2010.

Project ini dikembangkan oleh tujuh mahasiswa-mahasiwi Utrecht University demi memenuhi garduation project mereka, di awali dengan konsep yang sangat simple, yakni: Manusia menghirup oksigen dan menghembuskan CO2. Tanaman melakukan yang sebaliknya. Dengan menempatkan rumah kaca di atas sekolah, udara dalam ruangan akan secara alami dibersihkan.

Mereka memilih Shanghai sebagai tempat implementasi dari project Happy Healthy School mereka, karena melalui hasil riset The Hogeschool Utrecht di Belanda, kota Shanghai merupakan kota dengan tingkat polusi yang cukup tinggi, dibanding dengan kota-kota besar lainnya.

Ide awalnya didalangi dengan pemikiran:

Kualitas udara yang buruk di dalam kelas adalah masalah yang dihadapi oleh banyak sekolah di seluruh dunia dan merupakan masalah nyata di Shanghai dengan jutaan penduduk dan tingginya tingkat polusi udara. Kualitas udara yang buruk di dalam kelas adalah penyebab masalah kesehatan yang serius seperti asma hingga penurunan kinerja siswa dalam konsentrasi dan menerima ilmu didalam kelas.

Happy Healthy School ini di desain dengan rumah kaca di atas atap sebagai sarana memperkaya sekolah dan ruang kelas dengan udara segar. Desain ini menciptakan sekolah dengan udara bersih 100%. Ventilasi alami dibuat dengan fasad ganda yang bertindak sebagai cerobong surya dan tabung pendingin bawah tanah yang digunakan untuk mendinginkan udara secara alami.

Aspek lain dari desain atap rumah kaca adalah untuk membawa anak-anak untuk berhubungan dengan alam dan mengembangkan kesadaran tentang lingkungan dan tanggung jawab mereka. Para siswa diajarkan untuk melestarikan lingkungan mereka dan menanam tanaman untuk makan siang mereka sendiri.

Dalam pembuatannya, Happy Healthy School juga menggunakan bahan baku lokal. Happy Healthy School yang terletak di Shanghai ini menggunakan Bambu sebagai bahan dasar utama dalam pembuatan struktur bangunannya.
Selain karena Bambu banyak tersedia di Shanghai, Bambu juga merupakan bahan alternatif yang sangat baik untuk bahan bangunan standar dibanding Beton, dan yang pasti, lebih ramah lingkungan.

Dengan segala macam nilai plus dari Happy Healthy School rasanya patut juga diikuti konsepnya di negara-negara lain yang juga memiliki tingkat polusi yang tinggi di kotanya.

Salut dengan warga Belanda yang senantiasa menjaga kebersihan negaranya dan menularkan kebiasaan bersih tersebut ke negara-negara lainnya. Semoga saja tahun-tahun berikutnya, Jakarta bisa menjadi target graduation project teman-teman di Belanda :”)

Sumber:
http://www.dutchdfa.com/news/680/happy-healthy-school

Tulisan ini terpilih sebagai 30 tulisan Semifinalis Kompetisi Blog NESO 2012

One thought on “Oksigen Shanghai Buah Karya Belanda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s